Cara Membersihkan Panel Surya Sendiri

Saatnya membersihkan panel surya yang kita gunakan. Langkah pertama membersihkan panel surya yaitu melihat sendiri dari dekat. Perhatikan panel surya tersebut dan cari dimana saja ada kotoran.

Peralatan untuk Membersihkan Panel Surya

Cara yang paling sederhana untuk membersihkan panel surya yaitu dari tanah dengan selang yang memiliki daya semprot yang cukup untuk menjangkaunya. Cara ini akan menghilangkan sebagian kotoran dan noda, namun penting untuk memeriksanya lagi guna memastikan tidak ada bekas yang membandel. Jika kita membutuhkan pembersihan yang lebih dalam dan lebih praktis, kita bisa menggunakan pel berujung spons dan air yang dicampur dengan deterjen ringan. Jika panel surya berada di atap, tentu saja kita membutuhkan tangga yang kuat dan seseorang untuk membantu menahan tangga serta memastikan kita aman ketika berada di atas.

Langkah Praktis Membersihkan Solar Panel

Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kita untuk menghindari masalah saat melakukan perawatan solar panel.

1. Membersihkan Panel Surya Saat Langit Berawan

Jika kita membersihkan panel surya di bawah sinar matahari langsung, maka air pembersih akan menguap dengan cepat dan berpotensi menodai panel. Selain itu, bisa juga meninggalkan residu yang akan mengurangi efisiensinya. Pembersihan ketika langit berawan akan memberikan waktu bagi panel untuk mengering tanpa noda.

2. Gunakan Spons dan Sikat Lembut

Hati-hati saat memilih sikat atau spons untuk membersihkan panel surya. Rasakan spons dan sikat yang akan kita gunakan dengan menggosokkannya di telapak tangan. Pastikan menggunakan spons dan sikat lembut yang tidak ada kawat atau material kasarnya.

3. Gosok Perlahan

Bersihkan dengan gerakan melingkar yang lembut dan gosokan secara perlahan. Bayangkan bahwa kita sedang membersihkan cermin, hindari menekan terlalu kuat pada kaca solar panel. Jika noda atau kotoran terlalu tebal, gosok berulang-ulang hingga kotoran mengelupas.

4. Ganti Air Pembersih Secara Teratur

Pasir dan benda tajam lainnya bisa menggores dan merusak panel surya. Jadi, pastikan kita sering mengganti air pembersih untuk menghilangkan partikel tersebut.

5. Hindari Cairan Pembersih yang Keras

Gunakan deterjen ringan yang dicampur dengan air untuk membersihkan panel surya. Cara ini untuk memastikan bahwa kita tidak menggunakan bahan kimia yang kuat atau cairan apapun yang bisa merusak permukaan panel karena bisa mengganggu efisiensi.

Cara Merawat Panel Surya

Setelah membersihkan solar panel, kita juga harus tahu cara merawat panel surya tersebut agar tetap bekerja optimal. Berikut ini beberapa cara merawat panel surya :

1. Perhatikan Hasil Pembersihan

Setelah membersihkan panel surya, perhatikan dengan seksama hasil pembersihan yang telah kita lakukan. Kita bisa membuat penilaian terhadap pekerjaan pembersihan tersebut sekaligus merencanakan perawatannya.

2. Periksa Keamanan Panel Surya

Kita harus melakukan pemeriksaan keamanan solar panel. Kemudian, pertimbangkan semua hal yang bisa mempengaruhi efisiensi pengoperasian solar panel.

3. Pertimbangkan Cara Perawatan

Langkah selanjutnya, kita bisa menggunakan dari pemeriksaan keamanan tersebut sambil mempertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian dari perawatan mandiri dibanding dengan bantuan profesional untuk itu kita perlu memutuskan opsi mana yang terbaik.

4. Lakukan Perawatan

Lanjutkan dan lakukan perawatan sendiri atau menggunakan jasa profesional. Terakhir, kita bisa bersantai karena mengetahui bahwa panel surya dan komponen PLTS lainnya bekerja secara efisien dan membantu kita memenuhi kebutuhan energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar