Cara Merencanakan Sistem PLTS Atap di Rumah

Untuk merencanakan sistem PLTS atap, kita membutuhkan beberapa informasi yang digunakan sebagai acuan dalam merencanakan sistem PLTS atap. Input berbagai data dan perhitungan teknis dibutuhkan untuk memperoleh konfigurasi sistem sesuai kebutuhan listrik di rumah kita. Dalam perencanaan sistem PLTS atap, data dan perhitungan ini akan digunakan untuk menentukan RAB pemasangan PLTS atap.

Kerumitan yang terjadi ketika merencanakan PLTS atap akan menjadi mudah jika kita menggunakan jasa badan usaha pembangunan dan pemasangan PLTS atap. Badan usaha akan membantu kita merencanakan konfigurasi sistem PLTS atap. Bantuan ini sudah termasuk dalam paket jasa yang ditawarkan hingga pemasangan sistem.

Beberapa software yang bisa digunakan untuk perencanaan dan perancangan sistem PLTS atap diantaranya helioscope, homer atau retscreen. Adapun data awal yang diperlukan untuk merencanakan sistem PLTS atap diantaranya :

1. Kebutuhan Listrik Rumah

Kita perlu mengetahui kebutuhan listrik rumah di siang hari atau besar daya tersambung PLN yang kita gunakan.

2. Besaran Iradiasi Matahari

Iradiasi matahari yang menyinari setiap daerah berbeda-beda, kita perlu menghitung besarnya agar kapasitas PLTS atap sesuai dengan kebutuhan.

3. Luas Atap

Kita perlu menghitung luas atap kalau panel surya mau dipasang di atap, jika kita pasang di dinding dan lokasi lain maka kita juga perlu mengukur luasnya.

4. Spesifikasi Modul Surya

Spesifikasi modul surya yang kita pilih akan menjadi acuan bagi jasa pasang panel surya, spesifikasi juga terkait dengan harga alias uang yang harus dikeluarkan.

5. Spesifikasi Inverter

Begitu juga dengan spesifikasi inverter, kita juga memilih merk meskipun jasa badan usaha pemasangan juga akan memberikan rekomendasi.

Data di atas nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan beberapa hal, diantaranya:

1. Jumlah modul surya

2. Kapasitas dan tegangan inverter

3. Luas lahan yang diperlukan untuk pemasangan modul surya

4. Orientasi dan sudut kemiringan pemasangan modul surya

5. Daya output sistem PLTS atap

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar