Cara Memilih String Inverter untuk PLTS

Cara Memilih String Inverter untuk PLTS

Pemilihan string inverter tenaga surya yang tepat akan membantu kita membeli produk terbaik sesuai budget dengan kualitas terbaik. Pada dasarnya, inverter tenaga surya mengubah daya DC yang dihasilkan oleh modul surya menjadi daya AC yang bisa digunakan untuk peralatan elektronik dan peralatan rumah tangga. Seiring berjalannya waktu, inverter berkembang dengan fungsi yang lebih banyak daripada hanya mengubah daya DC menjadi daya AC. Inverter punya fitur Maximum Power Point Tracking (MPPT), penyimpanan energi dalam baterai, pengontrolan pengisian daya dan pengelolaan pengisian daya baterai yang meminimalkan pemanfaatan jaringan listrik PLN.

Jika kita memasang 25 modul surya di atap rumah, kita bisa memasangnya dalam 5 baris yang terdiri dari 5 modul surya di setiap modulnya. Setiap baris tersebut disebut dengan string (rangkaian). Nama string inverter diperoleh dari modul surya yang terhubung dalam string atau rangkaian seri sebelum dialirkan ke inverter. Sebuah sistem PLTS mungkin membutuhkan beberapa string inverter untuk mengakomodasi sejumlah string tersebut. Untuk memaksimalkan energi yang dihasilkan oleh modul surya, beberapa dari inverter ini dilengkapi dengan Maximum Power Point Tracking (MPPT). Pemasangan dan perawatannya sangat sederhana karena hanya ada satu titik konversi DC ke AC. Untuk mendapatkan produk string inverter terbaik, perhatikan beberapa cara memilih string inverter di bawah ini.

1. Peringkat IP String Inverter

Peringkat IP String Inverter

Peringkat IP merupakan singkatan dari Ingress Protection Rating. Peringkat IP yaitu ukuran seberapa baik inverter terlindungi dari debu, air dan lain sebagainya. Inverter berada di lingkungan dengan kondisi yang keras seperti debu, air, suhu tinggi dan voltase yang berfluktuasi. Peringkat IP inverter akan memberi tahu kita seberapa baik inverter terlindungi dari kondisi yang keras itu. Peringkat IP terdiri dari dua digit nomor dan setiap digitnya mewakili kemampuan perlindungan tertentu yang ditawarkan inverter. Gambar di atas bisa membantu kita memahami hal ini dengan lebih baik.

2. Efisiensi String Inverter

Seperti halnya panel surya, string inverter memiliki efisiensi yang bervariasi. Efisiensi inverter yaitu ukuran berapa banyak energi yang hilang dalam bentuk panas selama konversi dari listrik DC ke AC. String inverter menghasilkan efisiensi sistem keseluruhan yang lebih tinggi dan produksi listrik tenaga surya yang lebih banyak. Efisiensi inverter menentukan berapa banyak energi yang dihasilkan oleh modul surya untuk diubah menjadi daya AC yang bisa digunakan. 

Bagian dari daya DC yang datang ke inverter hilang karena produksi panas dan beberapa kerugian lainnya. Semakin besar efisiensi inverter, maka semakin rendah kerugiannya. Namun efisiensi inverter meningkat dengan peningkatan daya yang kita gunakan. Jadi, saat daya yang digunakan sangat kecil, efisiensi inverter mungkin sekitar 50% dan bisa melampaui 90% saat output mendekati output terukur inverter. Oleh karena itu, sebagian besar produsen memberikan nilai efisiensi puncak yang merupakan efisiensi tertinggi yang bisa dicapai oleh inverter. Semakin tinggi efisiensi puncak, maka akan semakin banyak output yang dihasilkan.

3. Ukuran String Inverter

Ukuran inverter tenaga surya tergantung pada sejumlah faktor termasuk lokasi geografis, susunan modul surya dan pertimbangan khusus lainnya. String inverter yang lebih besar akan lebih mahal tetapi sepadan digunakan untuk memaksimalkan produksi energi.

4. Output Bentuk Gelombang

Nilai gelombang sinus lebih efisien, terutama saat memberi daya pada beban induktif. Bentuk gelombang lain bisa menggunakan daya hingga 20% lebih banyak saat memberi daya pada beban seperti itu. Karena terlalu panas, kelebihan daya yang digunakan ini juga bisa mengurangi umur peralatan yang kita gunakan. Oleh karena itu, inverter yang menghasilkan gelombang sinus yang sebenarnya harus digunakan.

5. Rentang Tegangan Operasi MPPT

Hal ini merupakan rentang tegangan dimana inverter tenaga surya bisa memaksimalkan ekstraksi daya dari sistem PLTS menggunakan teknik yang disebut Pelacakan Titik Daya Maksimum (MPPT). Inverter bisa mengontrol pelacakan MPPT dalam rentang tegangan ini. Dengan kata lain, inverter mencari tegangan optimal dari modul surya dalam rentang tegangan ini sehingga modul surya menghasilkan output daya maksimum. Inverter tenaga surya yang baik memiliki jangkauan operasi MPPT yang besar.

6. Tegangan Minimum Awal

Input tegangan minimum merupakan tegangan yang harus dicapai oleh inverter tenaga surya untuk bisa menemukan Maximum Power Point (MPP) dari modul surya. Tegangan input awal inverter tenaga surya yaitu tegangan minimum ketika inverter mulai menarik daya dari generator modul surya. Semakin kecil kedua angka ini, maka semakin baik inverter tenaga surya.

7. Garansi String Inverter

Garansi produk mencakup masalah seperti cacat pabrikan dan kerusakan lingkungan pada sistem inverter. Periksa terlebih dahulu untuk melihat apakah masa garansi inverter kita cocok dengan masa pakai panel surya kita atau tidak.

8. Harga String Inverter

Biasanya string inverter bukan komponen paling mahal dari instalasi panel surya, namun penting untuk mempertimbangkan harga yang akan kita bayar untuk membelinya. String inverter yang lebih besar dan lebih efisien dengan garansi yang lebih lama biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi, meskipun masih akan lebih murah daripada microinverter.

9. Produsen String Inverter

Beberapa orang membeli string inverter karena alasan merk inverter atau pabrik yang memproduksinya. Ada produsen yang menjual beberapa merk string inverter seperti Fronius, SMA, Sungrow dan Delta.

– Fronius

Berbasis di Austria, Fronius membuat sistem string inverter residensial dan komersial. Fronius menawarkan tiga lini produk utama, yaitu seri Fronius Primo, Fronius Symo, dan Fronius Symo Advanced.

– SMA

SMA yaitu perusahaan Jerman dengan penawaran sistem inverter surya rumahan dan industri. SMA memiliki seri inverter string utama (Sunny Highpower, Sunny Tripower, dan Sunny Boy) untuk aplikasi perumahan dan juga menawarkan produk inverter sentral serta baterai inverter yang lebih besar.

– Sungrow

Pilihan produsen string inverter lainnya untuk sistem energi surya atap perumahan dan komersial yaitu perusahaan Sungrow di China. Menurut situs webnya, string inverter buatannya telah dipasang untuk hampir 70 gigawatt (GW) solar di seluruh dunia pada pertengahan 2018.

– Delta

Pabrikan yang berbasis di Taipei, Delta membuat sejumlah produk yang berhubungan dengan energi termasuk inverter tenaga surya residensial dan komersial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar