Mengenal Perbedaan Sel, Modul, Panel dan Array Surya

Sel surya, modul surya, panel surya dan array surya merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan sebuah benda kotak-kotak yang dipasang untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Dimana keempat istilah tersebut sering sekali digunakan. Sebenarnya, tidak ada salahnya pakai keempat istilah tersebut karena memang digunakan untuk menyebut salah satu komponen PLTS. 

Ada yang menyebut sel surya dan ada juga yang menyebut modul surya maupun panel surya. Untuk memahami lebih jauh lagi, perhatikan gambar di bawah ini yang cukup jelas membedakan antara sel surya, modul surya, panel surya dan array surya. Pada saat masuk ke tingkatan teknis, hal ini akan jadi masalah karena ada perbedaan makna diantara keempat istilah tersebut, yaitu :

1. Sel Surya

Sel surya merupakan bahan semikonduktor yang dapat menerima dan menyerap paparan radiasi sinar matahari.

2. Modul Surya

Modul surya merupakan suatu rangkaian arus listrik yang berisi sekumpulan sel surya dimana saling terhubung dan berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Untuk melindungi dan menjaga ketahanannya, modul surya dilapisi dengan bahan transparan dan bingkai aluminium. Modul surya inilah yang ada di pasaran dan memiliki spesifikasi tertentu yang dipertimbangkan dalam merancang sistem PLTS.

3. Panel Surya

Panel surya merupakan rangkaian beberapa modul surya yang disusun dalam sebuah struktur kerangka, dimana dalam gambar tersebut sebuah panel surya terdiri dari tiga modul surya dalam satu bingkai. Ada juga yang sering menjadi pembahasan yaitu perbedaan panel surya dan sel surya. Oleh karena itu, pada artikel inilah dituliskan secara terpisah untuk menjelaskan perbedaan diantara keduanya.

4. Array Surya

Array surya merupakan kumpulan beberapa modul surya atau panel surya yang memiliki struktur terpisah namun terhubung dengan kabel dalam satu jaringan elektrik. Jika dilihat pada gambar, ada tiga modul surya yang terpisah (tidak dalam satu kerangka) tetapi terhubung dengan kabel. Sedangkan gambar lainnya, ada enam modul surya yang terpisah menjadi dua panel surya atau dapat dikatakan ada dua panel surya saling terhubung dalam satu jaringan.

Kesimpulan

Penggunaan istilah semacam ini secara bergantian tidak begitu menjadi masalah karena keempat istilah tersebut merujuk pada komponen PLTS yang menyerap dan mengubah radiasi sinar matahari menjadi listrik. Jadi, saat ada satu orang dan beberapa orang lain menyebut keempatnya berbeda yang artinya memang berbeda secara teknisnya. Namun jika ada yang menyebutnya sama maka tidak salah juga karena memang benda yang dimaksud sama. Sebaiknya persoalan semacam ini tidak perlu diperdebatkan karena esensi terpentingnya yaitu semangat untuk membangun PLTS sebagai penyedia kebutuhan listrik di rumah yang memiliki sumber daya tidak terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar