Pengertian dan Jenis – jenis Konektor Panel Surya

 

Jenis - jenis Konektor Panel Surya

Pada sebuah sistem PLTS umumnya menggunakan lebih dari satu panel surya. Hal ini dilakukan agar memperoleh output daya yang diinginkan, bahkan dalam PLTS skala rumahan saja bisa lebih dari lima buah panel surya. Semakin banyak perangkat elektronik yang digunakan, maka semakin banyak juga daya listrik yang diperlukan. Setiap menyambung panel ke panel lainnya tidak bebas dari sebuah alat yang bernama konektor. Alat ini terpasang di ujung kabel panel surya, berguna untuk memudahkan dalam sistem  penyambungan baik rangkaian seri dan paralel. Selain itu, dengan menggunakan konektor maka hasil penyambungan juga lebih aman, lebih rekat dan rapi.  

Ada beberapa jenis konektor yang dijual di pasaran. Tentu saja dari beberapa jenis konektor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut uraian singkat tentang kelebihan dan kekurangan tiap jenis konektornya.

Konektor MC3

Konektor MC3 termasuk konektor panel surya paling populer dalam beberapa tahun terakhir, menjadi pilihan yang sangat bagus dan sederhana yang dirancang oleh multi-contact. Konektor MC3 memiliki steker silinder kontak tunggal berukuran 3 mm untuk konektor male (positif) dan desain cangkang soket untuk konektor female (negatif). Akan tetapi, konektor MC3 terbilang sudah usang dan saat ini sudah tersedia versi yang lebih baik, yaitu konektor MC4.  

Konektor MC4

Konektor MC4 memiliki steker silinder kontak tunggal yang sangat tepat dengan cangkang soket yang berfungsi sebagai konektor female. Selain itu, konektor ini juga memiliki perlindungan UV, sistem keamanan kelas II, indeks perlindungan ingress (IP) IP68 dan impedansi di bawah 0,5. Konektor MC4 dirancang oleh multi-contact, sama dengan konektor MC3. Meskipun dengan konektor yang sederhana, tetapi tetap aman. Konektor MC4 membuat pemasangan panel menjadi sangat mudah. Konektor ini sangat cocok diaplikasikan pada kabel surya dengan jenis apapun dalam instalasi kecil, sedang bahkan besar yang mungkin memiliki kotak penggabung dan bank baterai berkapasitas tinggi.

Konektor Helios H4

Konektor Helios H4 merupakan jenis konektor panel surya dengan desain yang kompatibel dengan MC4. Jadi, memudahkan pemilik rumah untuk memasang satu atau yang lain tanpa mengkhawatirkan kompatibilitas. Konektor Helios H4 diproduksi oleh Amphenol dan cukup populer digunakan oleh para pengguna PLTS.

Konektor SolarLok

Konektor SolarLok merupakan konektor yang sangat populer di tahun 2000 dan dikenal juga sebagai konektor Tyco untuk kabel. Konektor jenis ini diproduksi oleh Tyco dan masih bisa dilihat pada instalasi lama. Selain itu, konektor ini juga bisa digunakan untuk rangkaian panel surya seri dan paralel, sama seperti jenis kontektor lainnya.

Konektor Radox

Konektor Radox merupakan konektor yang diproduksi oleh Huber + Suhner. Di luar negeri, konektor jenis ini memiliki garansi hingga 15 tahun. Konektor Rasox menggunakan kontak tembaga-berilium yang dibuat dengan desain lamella untuk memastikan aliran arus yang tepat melalui kabel. Konektor ini diproduksi di Eropa dan tidak memenuhi persyaratan pasar AS, itulah sebabnya konektor ini tidak umum digunakan di banyak instalasi saat ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar