Pertimbangan Ketika Memilih Kabel Konektor Panel Surya

Cara Memilih Kabel Konektor Panel Surya

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan pada saat memilih kabel konektor panel surya yaitu cara perakitan, rating, sekrup, model dan pita insulasi. Konektor kabel panel surya digunakan untuk menghubungkan panel surya dengan kabel tambahan. Biasanya konektor panel surya bisa dilepas pasang dan sudah menjadi satu paket saat membeli panel surya meskipun ada beberapa produk panel surya yang tidak disertai dengan konektor. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperimbangkan saat memilih konektor kabel panel surya.

1. Cara Perakitan Konektor

Sebaiknya menggunakan konektor yang sudah dirakit dari pabrikan panel surya (pre-assembled atau dedicated plug-in). Penggunaan konektor tersebut akan lebih aman karena konektor sudah pasti sesuai dengan colokan di panel surya.

2. Model dan Jenis Konektor

Penggunaan konektor dengan model dan jenis yang sama sangat dianjurkan untuk menghindari ketidakcocokan dan masalah koneksi. Pilihlah jenis konektor terbaru MC4 dengan hambatan maksimum 400 Ω.

3. Rating Tegangan Konektor

Kita harus bisa memastikan menggunakan konektor dengan rating tegangan maksimal 1000 VDC atau lebih dan nominal arusnya lebih tinggi dari arus hubung singkat string panel surya.

4. Terminal dan Pita Insulasi

Selain beberapa hal di atas, kita juga perlu menghindari penggunaan terminal jenis sekrup dan pita insulasi listrik yang tidak andal. Insulasi diperlukan untuk mencegah perpindahan arus listrik seperti selongsong yang membungkus kabel. Jika memilih konektor dengan kualitas buruk, tidak dilindungi insulasi, dan komponen di bawah standar rating dapat menyebabkan panas berlebih, bahaya sengatan listrik, busur listrik, dan risiko kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar