Keuntungan Penggunaan Sel Surya

Keuntungan Penggunaan Sel Surya

Energi yang diberikan matahari ke bumi selama satu jam bisa memenuhi kebutuhan energi global selama satu tahun. Matahari merupakan sumber energi yang paling kuat, meskipun hanya sebagian kecil yang bisa dikumpulkan dari energi ini. Memanfaatkan energi ini merupakan faktor penting dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Salah satu cara dalam memanfaatkan matahari yaitu menggunakan sel surya untuk menangkap sinar dan mengubahnya menjadi listrik. Sel surya atau solar cell merupakan komponen penting dalam sistem PLTS fotovoltaik yang digunakan untuk membuat panel surya. Bisa dikatakan bahwa sekumpulan sel-sel surya yang digabungkan menjadi satu disebut sebagai panel surya.

1. Menghemat Tagihan Listrik

Kita akan memenuhi banyak kebutuhan energi dengan listrik yang dihasilkan oleh sel surya, sehingga tagihan energi akan turun secara signifikan. Seberapa banyak kita menghemat tagihan listrik akan sepenuhnya tergantung pada ukuran sistem panel surya yang dipasang, tingkat penggunaan listrik dan panasnya. Kita tidak hanya akan menghemat uang untuk tagihan listrik, namun juga ada kemungkinan untuk menyimpan kelebihan energi yang terkumpul sehingga bisa digunakan di kemudian hari. Jika kita menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang kita gunakan dalam sehari, baterai surya bisa digunakan untuk menyimpan energi tersebut.

Baca juga : Fungsi, Pembuatan dan Kegunaan Sel Surya

2. Beragam Keperluan

Sel surya bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Selain untuk menghasilkan listrik, kita juga bisa menjadikannya sebagai atap tempat parkiran. Sel surya bisa diintegrasikan ke dalam arsitektur bangunan, misalnya jendela solar panel transparan yang terintegrasi ke dalam bangunan.

3. Biaya Pemeliharaan Rendah

Pada umumnya, sel surya tidak memerlukan banyak perawatan. Kita hanya benar-benar perlu menjaganya agar tetap bersih. Jadi, dengan membersihkannya beberapa kali per tahun sudah cukup. Pada sel surya tidak ada bagian yang bergerak, sehingga sama sekali tidak ada keausan. Bahkan panel surya bisa bertahan 15 hingga 25 tahun, sesuai dengan kualitas pabrikannya.

4. Mendukung Pengembangan Teknologi

Teknologi dalam industri sel surya terus maju dan perbaikan akan meningkat jauh di masa depan. Inovasi dalam fisika kuantum dan nanoteknologi berpotensi meningkatkan efektivitas sel surya dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat input listrik dari sistem tenaga surya.

5. Meningkatkan Nilai Properti

Memasang sel surya akan meningkatkan nilai properti rumah kita secara keseluruhan. Oleh karena itu, solar panel bisa dengan mudah dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Pemasangan panel surya dipandang sebagai potensi peningkatan seperti perluasan dapur atau rumah kaca. Namun, faktor-faktor seperti ukuran, lokasi geografis, usia dan output keseluruhan sistem tenaga surya berperan dalam menentukan nilai properti.

6. Mengurangi Pencemaran Air

Sel surya dalam sistem PLTS bisa membantu mengurangi pencemaran air. Solar PV atau panel surya fotovoltaik tidak membutuhkan air untuk menghasilkan listrik. Padahal mode produksi energi lain seperti energi nuklir akan membutuhkan air sebagai agen pendingin. Selain itu, air yang digunakan akan mengandung zat berbahaya yang dilepaskan ke saluran air yang bisa membahayakan semua makhluk hidup. Pada akhirnya, energi surya tidak akan mengurangi ketergantungan pada air untuk produksi energi, membutuhkan penggunaan air untuk produksinya dan mengendalikan polusi air.

7. Mengurangi Ketergantungan Energi Konvensional

Beralih ke sumber energi yang lebih terbarukan menggunakan sel surya merupakan cara yang tepat untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi tradisional seperti bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil seperti batu bara merupakan sumber energi tidak terbarukan, yaitu bahan-bahan yang kemungkinan besar akan habis dalam waktu dekat. Selain itu, penggunaan bahan bakar fosil juga menyebabkan kerusakan yang signifikan terhadap lingkungan sehingga menyebabkan polusi. Oleh karena itu, memilih pendekatan yang terbarukan yaitu cara yang efektif untuk membantu menjaga lingkungan.

8. Mempermudah Akses Listrik

Dengan bantuan sel surya, kita yang tinggal di daerah yang jauh dari listrik PLN tetap bisa memiliki akses ke listrik dengan mudah menggunakan panel surya. Jika kita tinggal di daerah dengan akses listrik yang mudah, kita juga bisa memperoleh keuntungan dari ini. Kita menghasilkan energi bersih dan berkelanjutan untuk kebutuhan kita sendiri dan memiliki pilihan untuk menjual kelebihan daya yang dihasilkan ke perusahaan listrik PLN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar