Apa itu Konektor MC3 dan MC4 Panel Surya?


Konektor MC3 dan MC4 merupakan konektor listrik kontak tunggal yang biasa digunakan untuk menghubungkan panel surya. Penggunaan konektor MC3 secara perlahan diganti dengan versi yang lebih baru yaitu konektor MC4.

Perbedaan Konektor MC3 dan MC4

MC3 tidak memiliki mekanisme penguncian, sehingga konektor yang diberi energi bisa dengan mudah terputus sendiri di bawah beban. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada bagian belakang panel surya. Secara bertahap, konektor MC3 dihapus dan ditarik dari pasaran untuk keperluan tenaga surya. Saat ini, panel surya terbaru lebih banyak menggunakan konektor MC4. Konektor MC4 memiliki mekanisme penguncian untuk mencegah pelepasan energi yang tidak disengaja. Oleh karena itu, konektor MC4 bisa mengurangi kemungkinan kerusakan pada bagian belakang panel surya.

Kita perlu menekan kedua jepit ujungnya untuk memutuskan sambungan. Cara ini akan melepaskan konektor. Daya tahan konektor MC4 lebih besar, lebih awet, tahan sinar UV, tahan korosi, tahan debu, dan tahan air. Keunggulan konektor MC4 tersebut akan membuat sambungan listrik menjadi aman. Sehingga kekhawatiran konektor menjadi rapuh atau lebih cepat rusak akan lebih berkurang.

Konektor Pre-Installed

Biasanya pembelian panel surya dilengkapi dengan konektor MC4 yang sudah terpasang (pre-installed). Kita tidak memerlukan komponen tambahan untuk membuat instalasi kabel output panel surya.

Kapan Konektor MC4 Digunakan?

Penggunaan konektor MC4 menyesuaikan dengan ukuran panel surya. Daya panel surya yang lebih kecil (kurang dari 20 watt) tidak menghasilkan arus yang tinggi. Sebaliknya panel surya yang lebih besar (lebih dari 20 watt) tahan terhadap tingkat daya yang lebih tinggi. Panel surya yang lebih besar terhubung dalam sebuah array. Kondisi tersebut memiliki standar berbeda-beda yang bisa menangani tegangan lebih tinggi. Sehingga kebutuhan konektor harus sesuai dengan besar daya yang dihasilkan panel surya.

Jadi, panel surya terbaru sudah menggunakan konektor MC4. Jenis konektor baru ini punya keunggulan lebih banyak dibanding konektor MC3, khususnya kemampuannya menangani sambungan, pemutusan dan daya tahan lebih awet. Konektor MC4 bisa digunakan untuk keputusan sistem PLTS yang sederhana dan kompleks. Biasanya pembelian panel surya sudah dilengkapi dengan konektor MC$, sehingga kita tidak perlu lagi membeli konektor tambahan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar