Apa Perubahan Energi yang Terjadi Pada Panel Surya?

Energi Cahaya Menjadi Energi Listrik

Perubahan energi yang terjadi pada panel surya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya atau yang dalam bahasa Inggris disebut solar panel atau PV (photovoltaic) merupakan perangkat yang dibuat dari susunan sel surya atau solar cell. Sederhananya, sel surya yang ada di panel surya berfungsi untuk menangkap energi sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik searah (DC).

Jadi, panel surya bukan mengambil panasnya melainkan mengubah sinar matahari. Biasanya panel surya digunakan pada sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Ada dua jenis PLTS, yaitu PTLS fotovoltaik dan PLTS solar thermal. PLTS fotovoltaik menggunakan panel surya untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Sedangkan PLTS solar thermal menggunakan kolektor khusus seperti kaca untuk menangkap panas matahari yang kemudian digunakan untuk memanaskan cairan (fluida) berjalan.

Nantinya fluida tersebut digunakan untuk menggerakkan mesin (gas, uap, stirling), kemudian mesin memutar generator untuk menghasilkan listrik.

Energi Panas Menjadi Energi Listrik

Namun, seringkali terjadi kebingungan saat menjelaskan tentang perubahan energi yang terjadi pada panel surya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik. Sekali lagi, jika yang ditanyakan perubahan energi pada “panel surya”, maka sudah pasti energi cahaya menjadi energi listrik. Meski begitu, apabila jawaban tersebut tidak ada maka Anda bisa memilih yang agak mendekati yaitu “energi panas menjadi energi listrik”. Kenapa begitu? alasannya karena pembuat soal mungkin saja sedikit kebingungan ketika membahas “perubahan energi”, “panel surya”, dan “PLTS”.

Jika bicara tentang perubahan energi panel surya, maka jawabannya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik. Sedangkan jika bicara tentang perubahan energi yang terjadi pada plts, maka ada dua jawaban yaitu antara energi cahaya dan energi panas. Sebab ada dua jenis PLTS (fotovoltaik dan thermal) yang menggunakan perangkat berbeda. Namun, istilah PLTS ini sudah menyempit dan menunjuk pada PLTS fotovoltaik. Jadi saat orang mengatakan PTLS, maka sudah pasti membicarakan PLTS yang menggunakan panel surya. Jika menggunakan panel surya, maka jawabannya sudah pasti perubahan energi cahaya menjadi energi listrik.

Jadi, perubahan energi yang terjadi pada panel surya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik. Jika jawabannya tidak ada, pilihan yang paling mendekati perubahan energi yang terjadi pada panel surya yaitu energi panas menjadi energi listrik. Sekali lagi, ini bicara panel surya atau solar panel atau PV (photovoltaic). Jika dilihat dari definisinya saja sudah kelihatan bahwa panel surya sama dengan photovoltaic, dimana photo adalah cahaya dan voltaic adalah listrik. Artinya, perubahan energi pada panel surya yaitu energi cahaya menjadi energi listrik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar