Mengapa Rangkaian Panel Surya Harus Sejenis?

 

Alasan mengapa rangkaian panel surya harus sejenis yaitu karena efisiensi kinerja panel surya. Panel surya sejenis yang disatukan ke dalam satu rangkaian akan bekerja lebih baik dalam menghasilkan daya. Menggabungkan panel surya dengan karakteristik yang berbeda dalam rangkaian (string) tidak dianjurkan karena ketidakcocokkan panel surya akan mengurangi kinerja total suatu rangkaian.

Rangkaian harus terdiri dari panel surya dengan spesifikasi yang hampir sama dengan jenis sel surya (monocrystalline, polycrystalline dan thin film), nominal daya, tegangan operasi dan arus daya maksimum, tegangan rangkaian terbuka serta arus hubungan pendek. Rangkaian panel surya harus berisi panel surya yang identik dengan jenis, merek dan karakteristik yang sama. Berikut ini beberapa alasan mengapa rangkaian panel surya harus berisi panel sejenis :

1. Dibatasi panel terlemah

Jika dalam suatu string ada panel surya dengan rating arus lebih rendah dari panel surya lainnya, maka secara total arus akan turun ke besaran arus yang dihasilkan oleh panel surya terlemah ini. Total tegangan dan arus dalam rangkaian dibatasi oleh panel surya terlemah. Untuk panel surya yang terhubung secara paralel, tegangan akan sama dengan rating tegangan dari panel surya terlemah.

2. SCC tidak optimal

Solar Charge Controller (SCC) tidak bekerja secara optimal jika panel surya tidak dirangkai dengan satu karakteristik. MPPT di solar charge controller dan inverter jaringan akan sulit menemukan tegangan dan arus paling optimal karena adanya karakteristik yang berbeda.

3. Performa panel surya menurun

Panel surya yang dirangkai dengan panel lain dengan karakteristik yang berbeda akan mengalami penurunan daya dan degradasi performa. Kondisi ini terjadi karena panel surya dirangkai dengan jenis sel surya yang berbeda, merk yang berbeda dan daya watt peak (WP) yang berbeda pula.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar